Saat ini fokus Strategi pemasaran yang sering dipakai pelaku bisnis adalah dengan cara mengelola pelanggan perorangan secara seksama dan detail yang untuk itu dibutuhkan sebuah gagasan strategi pemasaran sehingga dapat mempertahankan eksistensinya dengan menggunakan praktik customer relationship management, dalam menjalin hubungan dengan pelanggan, dealer Yamaha Bahana Pagar Alam menyediakan jasa SMS. Hasil persamaan regresi maka variabel customer relationship yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Sementara variabel sumber daya manusia dan teknologi telah diterapkan pada perusahaan dealer Yamaha Bahana Pagar Alam Bandar memiliki pengaruh pengaruh dan hubungan yang positif terhadap loyalitas pelanggan pada dealer Yamaha Banaha Pagar Alam Bandar Lampung adalah teknologi, hal ini disebabkan karena variabel teknologi mempunyai nilai koefisien beta yang terbesar jika dibandingkan dengan variabel sumber daya manusia dan proses.Kata kunci : Customer, Relationship dan Loyalitas pelanggan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017