Prosiding Seminar Nasional Darmajaya
Vol 1 (2017): SEMNAS IIB DARMAJAYA

PEMBUATAN MODEL PENILAIAN INDEKS KINERJA DOSEN MENGGUNAKAN METODE FUZZY MULTI ATTRIBUTE DECISION MAKING (FMADM) (Studi : PTS di Provinsi Lampung)

Andoyo, Andreas (Unknown)
Muslihudin, Muhamad (Unknown)
Sari, Noca Yolanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2017

Abstract

Dosen merupakan salah satu komponen terpenting dalam suatu sistem pendidikan perguruan tinggi. Peran, tugas, dan tanggung jawab sangat penting dalam mewujudkan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yang meliputi kualitas iman/takwa, akhlak mulia, dan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta mewujudkan masyarakat indonesia yang maju, adil, makmur, dan beradab. Metode Fuzzy Multi Attribute Decision Making merupakan salah satu metode dalam pengambilan keputusan dimana alternative-alternatif sudah diketahui dan ditentukan sebelumnya. Pengambilan keputusan harus menetukan prioritas, bobot, atau rangking berdasarkan kriteria yang diberikan. untuk mempermudah dalam penilain terhadap kinerja dosen berdasarkan tridharma perguruan tinggi yang meliputi kompetensi pedagogik, professional, kepribadian dan social dilakukan penilaian indeks kinerja dosen dengan menggunakan metode Fuzzy Multi Attribute Decision Making. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan model pengambilan keputusan penilaian indeks kinerja dosen menggunakan metode Fuzzy Multi Attribute Decision Making dengan Kriteria-kriteria yang telah ditentukan antara lain: pembelajaran dikelas, ketetatap gbpp dan sap, kesesuain waktu, ketetapan penyerapan materi, media pembelajaran, arsip uas, penelitian, penjabaran, kegiatan dosen. Diharapkan dengan adanya  model penilaian kinerja dosen  dapat memicu dosen untuk meningkatkan kinerjan dan mempermudah pimpinan untuk mengevaluasi kinerja dosen untuk meningkatkan mutu dan kulitas perguruan tinggi. Kata Kunci : FMADM, Dosen, Kinerja Dosen

Copyrights © 2017