PROFIT : Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Vol 2, No 2 (2015): PROFIT

PENGARUH MEDIA EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA UTARA

Eka Rahmawati (Unknown)
Riswan Jaenudin (Unknown)
Fitriyanti Fitriyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2018

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effect Edmodo media on learning outcomes of students in economic subjects in SMAN 1 North Indralaya. This research included in this type of experimental study design form one group pretest - posttest design. The study population was all students of class X IPS SMAN 1 North Indralaya consisting of two odd semester classes 2014-2015 totaling 62 learners. Samples were taken using cluster random sampling technique, and didapatlah class as a class X IPS 2 samples with the number of students as many as 32 people. Data collection techniques using tests and observation. The statistics are used to analyze the data is using t-test with df = n-2 level signifikat (? = 0.05). Based on tests performed data analysis, t-test results showed that the value of t = 5.4537> table = 1.697. Thus in this study Ho rejected and Ha accepted that there is influence that social media signifikat Edmodo to the learning outcomes of students. The mean learning outcomes of students increased from 44.12 into 86.40. Therefore, it is advisable for teachers to use the media Edmodo as one alternative to improve the learning outcomes of students.Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Edmodo terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi  di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen design bentuk One Group Pretest – Postest Design.Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Indralaya Utara yang terdiri dari 2 kelas semester ganjil tahun 2014-2015 yang berjumlah 62 peserta didik. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling, dan di dapatlah kelas X IPS 2 sebagai kelas sampel dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Statistik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu menggunakan uji-t dengan dk=n-2 taraf signifikat (? = 0,05). Berdasarkan analisis data tes yang dilakukan, hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung = 5,4537> ttabel = 1,697. Dengan demikian pada penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada pengaruh yang signifikat media social Edmodo terhadap hasil belajar peserta didik. Rerata hasil belajar peserta didik meningkat dari 44,12 menjadi 86,40. Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk menggunakan media Edmodo sebagai salah satu alternative untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

PROFIT : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi mempublikasikan hasil penelitian ilmiah di bidang Pendidikan Ekonomi dan kajian Ilmu Ekonomi lainnya, berupa penelitian dasar, perancangan, dan pengembangan teknologi, serta kajian teoritis. Jurnal terbit secara berkala dua kali setahun (Mei dan ...