Abstrak: Berdasarkan observasi di kelas X TKJ (Teknik Komputer Jaringan) dan X  PS (Perbankan Syari’ah) diperoleh gambaran  bahwa  keaktifan siswa  dalam mengikuti  pelajaran kurang.  Bahkan ada yang tidur saat jam pelajaran. Rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menyebabkan hasil belajar siswa juga rendah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui peningkatan aktivitas siswa melalui diskusi inkuiri disertai penerapan media Powerpoint pada siswa kelas X materi Tsunami di SMK Roudlotus Saidiyyah; (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui diskusi inkuiri disertai penerapan media Powerpoint pada siswa kelas X materi Tsunami di SMK Roudlotus Saidiyyah; dan (3) mengetahui respon siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi inkuiri disertai penerapan media Powerpoint. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) dengan dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) diskusi inkuiri disertai penerapan media Powerpoint dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas X  pada materi Tsunami di SMK Roudlotus Saidiyyah, yaitu pada pra siklus 25% meningkat menjadi 71,90% pada siklus I (2)  Diskusi  inkuiri  disertai  penerapan  media  Powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada materi Tsunami di SMK Roudlotus Saidiyyah, yaitu pada pra siklus rata-rata  hasil belajarnya 48,53  meningkat  menjadi  77,81 pada siklus I atau ≥ 65% (3) Respon siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi inkuiri disertai penerapan media Powerpoint positif. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Materi Tsunami, Media Powerpoint, Metode Diskusi Inkuiri
Copyrights © 2017