Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model 5E melalui pendekatan saintifik terhadap kemampuan berargumen siswa pada materi ekologi. Desain penelitian menggunakan pretes-posttes non-equivalen control group desain. Populasi penelitian eksperimen adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Woha Bima, sejumlah 10 kelas dengan populasi 350 siswa. Sampel dipilih dengan tehnik simple random sampling dari 10 kelas yang ada diambil 4 kelas sebagai sampel dengan jumlah sampel 131 siswa. Kelas X1, dan X2, menerapkan pembelajaran model 5E melalui pendekatan saintifik dan kelas X5,danX9menerapkan pembelajarant model EEK.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran model 5E melalui pendekatansaintifik terhadap kemampuan berargumen siswa pada materi ekologi (t = 4,482, p =0,000).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018