KEGURU "Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar"
Vol 2 No 2 (2018): Juli 2018

Representasi Internal Mahasiswa Pada Topik Konveksi Air

Batlolona, John Rafafy (Unknown)
Baskar, Shikha (Unknown)
Leasa, Marleny (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2018

Abstract

Telah banyak penelitian makroskopik dan mikroskopik dalam pembelajaran fisika. Salah satu materi yang jarang di eksplor untuk melihat representasi internal mahasiswa adalah konveksi pada air dalam konteks makroskopik dan mikroskopik. Tulisan ini memberikan sesuatu yang baru yang jarang diceritakan pada penelitian sebelumnya. Mahasiswa akan dipetakan dalam tipe representasi internal yaitu tipe naif (N), surface (S), matching (M) dan deep (D). Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan representasi internal mahasiswa dengan model PBL. Hasil penelitian membuktikan bahwa PBL dapat meningkatkan representasi internal mahasiswa. Dengan demikian, maka PBL dapat direkomendasikan untuk meningkatkan representasi internal mahasiswa dan mengurangi miskonsepsi. Implikasi dari penelitian ini adalah masyarakat cenderika dapat mengadopsi pembelajaran yang ada untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fisika.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

KGU

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics

Description

Jurnal KEGURU adalah Jurnal Jurnal berkala yang terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli serta dapat diakses secara bebas oleh pengguna atau institusi tanpa biaya, dan sudah memiliki nomor ISSN: 2579-9924 (ISSN online) dan 2579-9878 (ISSN ...