Transaksi elektronik melalui internet memberikan peluang bagi perilaku tidak etis, dimana pelanggaran etika lebih memungkinkan terjadi dalam transaksi elektronik dibandingkan pada transaksi tatap muka. Persepsi konsumen pada perilaku etis online retail secara umum mengacu kepada integritas dan tanggung jawab perusahaan online retail dalam menangani
keamanan transaksi, kerahasiaan informasi, berlaku adil, dan jujur yang pada akhirnya akan melindungi konsumennya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi perilaku etis online retail terhadap niat konsumen dalam pembelian online baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui kepercayaan konsumen pada situs online yang memediasinya. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling menggunakan teknik purposive sampling, terhadap 250 orang responden di Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi perilaku etis online retail berpengaruh secara tidak langsung pada niat pembelian online konsumen, dimana kepercayaan konsumen pada situs online retail sebagai variabel mediasinya. Dengan demikian jika konsumen merasa situs online retail beretika, maka dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap situs online retail dan berdampak pada semakin kuatnya niat konsumen untuk melakukan
pembelian online
Kata Kunci : Online Retail, Persepsi Perilaku Etis, Kepercayaan Konsumen, Niat Pembelian Online
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017