Pemanfaatan  e-governmentditujukan  untuk  membuat  manajemen  dan  kerja 
pemerintahan  bisa  lebih  efektif  dan  efisiandalam  mencapai  prinsip-prinsip  good 
governance.  Baik dalam hal kecepatan proses adminitrasi, perizinan, ataupun sosialisasi 
kebijakan-kebijakan pemerintah pada masyarakat dan pelaku bisnis lainnya.  Melalui egovernment  hubungan  antara  Pemerintah,  pelaku  bisnis.setor  swasta  dan  masyarakat 
bisa  lebih  responsif,  efektif,  efisien,  transparan  dan  akuntabel.  Konsep  baik  dari  egovernment  ini  mendapat  respon  positif  dari  pemerintah  dan  lembaga  publik,  maka 
bermunculanlah  situs-situs  web  e-governmet  untuk  kepentingan  pelayanan  publik  dan 
administrasi  internal.  Akan  tetapi  pada  perjalanannya,  penerapan  e-government  ini 
belum  maksimal,  terlihat  dariperingkat  EGDI  (E-Government  Development  Index) 
Indonesia yang masih rendah.  Hambatan infrastruktur yang menjadi salahsatu penyebab 
bisa dijembatani dengan e-government melalui media sosial. Karakter media sosial yang 
partisipatif dan terbuka serta pemanfaatannya yang sangat tinggi di Indonesia menjadi 
peluang  kuat  bagi  pemerintah  untuk  menerapkan  e-government.  Namun,  pengelolaan 
media  sosial  pemerintahan  masih  membutuhkan  optimalisasi  sehingga  prinsip-prinsip 
good governance yang diharapkan bisa tercapai. 
Kata kunci: e-government, media sosial, good governance.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 0000