PROSIDING KOMUNIKASI
PROSIDING : AKSELERSI PEMBANGUNAN MASYARAKAT LOKAL MELALUI KOMUNIKASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI (BUKU

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BRANDING KOTA BANDUNG DI ERA SMART CITY

Nugraha, Aat Ruchiat (Unknown)
Yustikasari, Yustikasari (Unknown)
Koswara, Aang (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2017

Abstract

Merek suatu kota dapat ditunjukkan melalui keramahtamahan masyarakat, infrastruktur perkotaan, fasilitas dan layanan publik yang terpenuhi, serta sistem perencanaan tata kota yang sedang dikembangkan dan dibangun oleh pemerintah setempat. Dalam mewujudkan merek kota tersebut diperlukan suatu kerjasama yang baik antara masyarakat dengan pemerintah kota yang akan menjadi salah satu faktor kunci dalam menentukan potensial dan keberlanjutan merk sebuah kota dimasa yang akan datang. Selain itu, dukungan terhadap strategi komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh pemerintah setempat, seperti halnya Kota Bandung yaitu melalui penguatan aspek budaya lokal dalam hal pembangunan fasilitas maupun pelayanan administrasi sebagai salah satu unsur dalam pembentukan “branded city” di Jawa Barat. Kota yang akan memiliki branding city harus dapat teridentifikasikan melalui sebuah identitas kota yang memiliki unique selling point tersendiri. Adapun metode penelitian ini menggunakan deskriptif dengan instrumen penelitian berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa branding kota Bandung berdasarkan unsur penilaian pictorially recognized menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengarahkan pada simbol Bandung Command Center, Gedung Sate, dan Gedung Konferensi Asia Afrika yang mudah dikenal di masyarakat sebagai branding kota Bandung di era smart city. Kata Kunci: Branding, Smart City, dan Pictorial Recognized

Copyrights © 0000