Prosiding Seminar Nasional Pakar
Prosiding Seminar Nasional Pakar 2018 Buku II

KEPUASAN AKADEMIK, KONSEP DIRI VOKASIONAL, DAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA MAHASISWA SEKOLAH VOKASI DALAM MENGHADAPI ERA DISRUPTIF TEKNOLOGI

Rinandita Wikansari (Unknown)
Bayu Prabowo Sutjiatmo (Unknown)
Muhammad Sani Kurniawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2018

Abstract

Pendidikan merupakan elemen dasar untuk memperoleh tenaga kerja yang terampil. Munculnya gelombang pertumbuhan teknologi yang tidak dapat dibendung memunculkan kebutuhan aakan tenaga kerja yang kompeten dan kompetitif. Sekolah vokasi dan politeknik merupakan solusinya. Semenjak kampanye sekolah vokasi berhasil, lebih banyak siswa yang tertarik pada politeknik. Studi ini bertujuan untuk menginvestigasi kepuasan akademik mahasiswa, konsep diri vokasionalnya, dan efikasi diri akademik. Lebih lanjut adalah hubungan antara tiap-tiap variabel ini. Pada riset ini, data diperoleh dari 150 mahasiswa yang mengisi kuesioner secara mandiri (self-reported assessment). Data dianalisis secara statistik menggunakan metode one-way ANOVA, Pearsons product moment correlation, dan analisis regresi. Hasilnya menunjukkan bahwa mahasiswa menunjukkan kepuasan akademis pada layanan mahasiswa, layanan akademis, dan iklim kampus. Mereka juga menunjukkan level tinggi untuk konsep diri vokasional dan efikasi diri akademis. Kepuasan mahasiswa ini secara signifikan mampu memprediksi konsep diri vokasional dan efikasi diri akademis, dimana kedua hal ini merupakan prediktor utama pada kesuksesan akademik mahasiswa.

Copyrights © 2018