Prosiding Seminar Nasional Pakar
Prosiding Seminar Nasional Pakar 2018 Buku I

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SERVICE LEVEL AGREEMENT (SLA) KLAIN ASURANSI KESEHATAN DENGAN METODE REGRESI LINEAR DAN METODE KMEANS

Fahrul Nurzaman (Unknown)
Agus Herwanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2018

Abstract

Service Level Agreement (SLA) atau Perjanjian Tingkat Layanan merupakanhal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam meningkatkan kualitaspelayanan pada Asuransi Kesehatan. Salah satu kualitas pelayanan adalahpenyelesaian klaim yang sesuai dengan Service Level Agreement (SLA).Penyelesaian klaim yang sesuai dengan Service Level Agreement (SLA)memberikan jaminan terhadap kepuasan Pelanggan, sehingga mempengaruhitingkat kepercayaan Pelanggan terhadap Perusahaan. Untuk meningkatkandaya saing bisnis perlu dilakukan peningkatan pelayanan dengan caramemperbaiki Service Level (SLA), sehingga diperlukan penggalian data agarperbaikan Service Level Agreement (SLA) menghasilkan keputusan yangtepat. Penggalian data terdiri dari menganalisa hubungan Service LevelAgreement (SLA) klaim dengan faktor pengaruh penyelesaikan klaim danmembuat gambaran pengelompokan data berdasarkan kategori tingkatperformansi Service Level Agreement (SLA). Hal ini bertujuan membantu danmemudahkan para pengambil keputusan dalam menentukan Service LevelAgreement (SLA) yang tepat. Penelitian ini bertujuan memberikan solusikepada Perusahaan Asuransi Kesehatan dengan membangun SistemPendukung Keputusan berbasis Web dimana Sistem akan menyajikaninformasi berupa data dan grafik keterhubungan faktor-faktor yangmempengaruhi kinerja dan performansi penyelesaian terhadap Service LevelAgreement (SLA) klaim serta gambaran pengelompokan data berdasarkankategori tingkat performansi Service Level Agreement (SLA). Metode yangdigunakan adalah Metode Regresi Linear untuk melihat keterhubunganfaktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dan performansi penyelesaianklaim terhadap Service Level Agreement (SLA) klaim, dan Metode K-Meansuntuk membuat gambaran pengelompokan data.

Copyrights © 2018