ALQALAM
Vol 19 No 95 (2002): October - December 2002

PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA DAN PENGUATAN KESATUAN BANGSA

Hudori, H.M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2002

Abstract

Munculnya konflik- konflik sosialyang berbau SARA di beberapa wilayah Indonesia seperti Ambon, Kupang dan Pontianak serta semakin merebaknya, peredaran dan penggunaan Narkoba di kalangan remaja, membuat banyak orang mempertanyakan tentang efektivitas pendidikan agama yang selama ini diajarkan di sekolah-sekolah. Pengajaran agama yang selama ini diberikan justru memperkuat rasa eksklusivitas tiap kelompok agama sehingga menimbulkan radikalisme agama. Hal ini tentutnya justru melemahkan rasa persatuan dan kesatuan antar umat beragama sebagai bangsa Indonesia.Dalam umat Islam sendiri muncul beberapa gerakan radikalisme, yakni: ekstrim kanan, yang mempunyai tujuan membentuk negara yang berideologikan agama (Islam) dengan cara-cara kekerasan (pemberontakan; dan ekstrim kiri, yakni golongan yang ada dalam maryarakat yang bertujuan menggantikan ideologi negara dengan paham Marxis-Leninis untuk membentuk negara yang memiliki paham komunis.Dalam menghadapi persoalan tersebut, maka dibutuhkan solusi yang tepat. Menurut penulis, langkah-langkah solusi tersebut adalah: meningkatkan pemahaman agama dan menjalin hubungan harmonis antar umat keragama, meningkatkan kompetensi pendidik, memperbaiki kesejahteraan pendidik, mengatasi keterbatasan tenaga didik (guru), menyempurnakan materi pendidikan agama dan menambah sarana dan prasarana pembelajaran. Kata Kunci: Problem Umat, Ekstrim Kanan, Ekstrim Kiri, Mutu Pendidikan

Copyrights © 2002






Journal Info

Abbrev

alqalam

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

ALQALAM (e-ISSN: 2620-598X; p-ISSN: 1410-3222) is a journal published by the Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-INDONESIA. ALQALAM is an academic journal published twice a year (every six months). ALQALAM had been accreditated by Ministry of Education ...