ALQALAM
Vol 33 No 1 (2016): January - June 2016

GAYA BELAJAR MAHASISWA

Wawan Wahyuddin (IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan gaya belajar mahasiswa Program Pascasarjana IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, (2) mendeskripsikan pengaruh gaya belajar mahasiswa Program Pascasarjana IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten terhadap prestasi belajar, dan (3) menentukan solusi dalam mengatasi masalah keberagaman gaya belajar mahasiswa Program Pascasarjana IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana gaya belajar mahasiswa Program Pascasarjana IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten? (2) Bagaimana pengaruh gaya belajar mahasiswa Program Pascasarjana IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten terhadap prestasi belajar? dan (3) Bagaimana solusi mengatasi masalah keberagaman gaya belajar mahasiswa Program Pascasarjana IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi lapangan. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Pascasarjana IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten yang terdiri atas empat program studi, yaitu S2 Pendidikan Agama Islam, S2 Hukum Keluarga Islam, S2 Ekonomi Syariah, dan S2 Manajemen Pendidikan Islam. Adapun sampel penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi S2 Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Gaya belajar mahasiswa Program Pascasarjana IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten yang paling dominan adalah gaya belajar tipe auditorial, (2) Mahasiswa yang mempunyai kecenderungan gaya belajar auditorial mempunyai prestasi belajar yang relatif lebih baik daripada mahasiswa yang mempunyai kecenderungan gaya belajar visual dan gaya belajar kinestetik, dan (3) Masalah keberagaman gaya belajar mahasiswa dapat diatasi dengan perubahan metode dan penggunaan multimedia. Oleh karena itu, hendaknya dalam mengajar dosen menggunakan metode dan media yang bervariasi sehingga materi perkuliahan dapat dipahami oleh semua mahasiswa yang mempunyai gaya belajar yang bermacam-macam.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

alqalam

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

ALQALAM (e-ISSN: 2620-598X; p-ISSN: 1410-3222) is a journal published by the Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-INDONESIA. ALQALAM is an academic journal published twice a year (every six months). ALQALAM had been accreditated by Ministry of Education ...