Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi
Vol 7, No 1 (2017): Bioeduin Februari

PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MELALUI PEMBELAJARAN BRAINSTORMING

hadiansah hadiansah (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
ading pramadi (UIN Sunan Gunung Djati)
maya amelia febriani (UIN Sunan Gunung Djati)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penguasaan konsep siswa pada materi sistem pernapasan dengan penerapan pembelajaran brainstormingdan Pendekatan Sains 5M. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu weak experimentdengandesain penelitian static-group comparison design. Sampel penelitian menggunakan dua kelas (MIA-3 dan MIA-4) yang memiliki kedudukan berbeda, kelas MIA-3 sebagai kelas perlakuan dan kelas MIA-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah soal penguasaan konsep berbentuk pilihan ganda, angket respon siswa dan format lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan pencapaian penguasaan konsep baik pada kelas perlakuan maupaun pada kelas control yang tergolong sangat baik (86,1 dan 82,7). Pelaksanaan proses pembelajaran brainstorming berjalan dengan kualifikasi sangat baik dengan rata-rata tingkat keterlaksanaan proses pembelajaran mencapai 89,4%. Siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran brainstorming pada materi sistem respirasi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

bioeduin

Publisher

Subject

Education

Description

Bioeduin is scientific journal which managed by Biology Education Department Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati bandung. This journal publish in print version (p-ISSN:2338-7173) since 2013 and online version (e-ISSN:2615-0417) since 2018. Bioeduin focus on biology ...