Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika)
2016: Prosiding SNPF II 2016 "Peran Ilmuwan dan Pendidikan Fisika dalam Menghadapi MEA"

Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Talking Stick Terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa

Fransvela Romy (IKIP PGRI MADIUN)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan talking stick terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2016 – Juli 2016 dengan eksperimen metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTsN Gorang-gareng tahun pelajaran 2015/1016. Sampel penelitian terdiri atas 3 kelas terbagi menjadi 2 kelompok yang diambil secara clusture random sampling. Kelompok I kelas eksperimen terdiri dari kelas VIII C menggunakan model pembelajaran make a match dan VIII B menggunakan model pembelajaran talking stick. Kelompok II kelas VIII A sebagai kelas control.Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes kognitif untuk data prestasi belajarsiswa dan angket gaya belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan anava dua sel tak sama dengan desain penelitian 3 x 2. Dengan menggunakan software SPSS 17. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa: 1). Ada perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Make A Match dan Talking stick terhadap prestasi belajar siswa. 2). Ada perbedaan prestasi belajar siswa yang mempunyai keaktifan tinggi dan rendah. 3). Ada interaksi antara model pembelajaran Make A Matchdan Talking Stick terhadap prestasi belajar ditinjau dari gaya belajar siswa.

Copyrights © 2016