Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika)
2017: Prosiding SNPF III "Etnosains dan Peranannya Dalam Menguatkan Karakter Bangsa"

Pengembangan pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) menggunakan media game puzzle untuk meningkatkan kreatifitas dan kerjasama pada anak sekolah dasar

Chyta Anindhyta (Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Achsanul Fiqri (Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Aulia Arum Pratiwi (Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Dwikie Mahendra Sani (Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Ilma Yunita (Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Khusnul Khotimah (Universitas Sebelas Maret Surakarta)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan model pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menggunakan media Game Puzzle untuk meningkatkan kreatifitas dan kerjasama pada anak sekolah dasar. Penulisan inimenggunakan jenis penulisan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dari literature seperti jurnal, buku yang relevan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini adalah teknik pengamatan langsung dan teknik analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis interaktif yang meliputi empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data (reduction), sajian data (display) dan verifikasi data/penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan pengembangan model pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menggunakan media Game Puzzle dapat meningkatkan kreatifitas dan kerjasama pada anak sekolah dasarĀ 

Copyrights © 2017