Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesulitan belajar siswa kelas VII MTs Sunan Ampelterkait pembelajaran IPA pada materi gerak.Sampel penelitian adalah siswa kelas VII MTs Sunan Ampel, diambil secara cluster, dari kelas VII –A dan VII -B sebanyak 48 siswa.Penulis mencoba mengamati mencari kesulitan belajar siswa dengan pengisian angket dan penganalisisan kekuatan dan kelemahan siswa terhadap materi pembelajaran gerak.Dari angket yang disebarkan menunjukan bahwa kesulitan belajar terkait pembelajaran IPA terletak pada Fisika yaitu rumus dan perhitungan,mereka merasa lemah pada kemampuan matematis.Sedangkan dari pengamatan melalui pendekatan tujuan pembelajaran materi pembelajaran gerak dengan pemberian soal tentang gerak menunjukan siswa kelas VII MTs Sunan Ampel secara umum lemah dalam kemampuan matematis. Siswa yang lemah dalam penguasaan konsep sebanyak 6% sedangkan siswa yang lemah dalam kemampuan matematis sebanyak 69 %.Dari hasil peneitian ini dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar siswa kelas VII MTs Sunan Ampelterkait pembelajaran IPA terletak pada lemahnya kemampuan matematis.
Copyrights © 2016