Baterai adalah salah satu elemen penting dalam sebuah sistem kelistrikan. Pada sistem smartgrid baterai berfungsi sebagai media penyimpanan sementara sedangkan pada kendaraaan listrik baterai berfungsi sebagai sumber energi utama. Dalam hal ini baterai yang digunakan terdiri dari beberapa bateri yang dihubungkan secara seri. Perbedaan teknik manufaktur, komposisi kimiawi, lingkungan, dan sejarah pengoperasian mengakibatkan karakreristik pada masing-masing baterai berbeda. Proses charging dan discharging akan mengakibatkan jurang perbedaan karakterisitik pada masing-masing baterai semakin lebar yang berujung pada perbedaan tegangan saat discharge puncak. Perbedaan ini bisa berakibat pada berkurangnya umur baterai hingga berujung pada kerusakan pada baterai. Dengan menerapkan teknik ekualisasi aktif pada rangkaian baterai dapat mengatasi masalah ini. Pada penelitian ini diterapkan teknik ekualisasi aktif menggunakan bidirectional converter agar tegangan keluaran dan SOC pada masing-masing baterai sama.
Copyrights © 2015