Studi ini didasarkan pada masalah yang dialami oleh mereka yang mengajarkan keterampilan istimaâ dan pengaruhnya terhadap keterampilan berbicara, dimana hal ini sulit bagi siswa untuk membiasakan berbicara (Bahasa Arab) di beberapa lembaga pendidikan di Indonesia, terutama di tingkat sekolah. Kecuali ada upaya keras dari satu sama lain seperti yang diterapkan oleh Madrasah âAliyah Unggulan Darul âUlum (MAU DU). Studi ini mengandung aspek teoritis tentang teori-teori keterampilan istimaâ dan strategi pengembangan keterampilan berbicara di Madrasah âAliyah Unggulan Darul âUlum, dan menggambarkan penerapan strategi untuk mengembangkan kemampuan siswa di sekolah. Peneliti menggunakan metodologi studi kasus dan model penelitian kualitatif dan menghasilkan hasil: bahwa ada strategi yang berkontribusi terhadap proses belajar mendengarkan di Madrasah âAliyah Unggulan Darul âUlum. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keberhasilan keterampilan istimaâ secara langsung berhubungan dengan adanya strategi yang baik dan tepat, serta unsur-unsur pendidikan lain yang mendukung kesuksesan.
Kata kunci: keterampilan istimaâ, keterampilan berbicara
Copyrights © 2017