JKP (Jurnal Konseling dan Psikoedukasi)
Volume 3, Number 1, June 2018

PENGARUH LAYANAN INFORMASI PROFESI JURNALIS TERHADAP MINAT MENJADI JURNALIS SISWA KELAS XI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SMK NEGERI 5 PALU

Perkasa, I Made (Unknown)
Thalib, Mansyur (Unknown)
Munifah, Munifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2018

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif layanan informasi profesi jurnalis terhadap minat menjadi jurnalis siswa kelas XI desain komunikasi visual SMK Negeri 5 Palu.  Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan pengaruh layanan informasi profesi jurnalis terhadap minat menjadi jurnalis siswa kelas XI desain komunikasi visual SMK Negeri 5 Palu. Subjek penelitian ini berjumlah 15 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah angket minat menjadi jurnalis. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa minat menjadi jurnalis sebelum dilaksanakan layanan informasi profesi jurnalis yaitu : 33,3% siswa yang memiliki minat menjadi jurnalis yang tinggi, 53,3% siswa yang memiliki minat menjadi jurnalis yang rendah, dan 13,3% siswa yang memiliki minat menjadi jurnalis sangat rendah. Setelah diberikan layanan informasi profesi jurnalis maka terjadi peningkatan minat menjadi jurnalis yaitu : 13,3% siswa memiliki minat menjadi jurnalis yang sangat tinggi, 73,3% siswa memiliki minat menjadi jurnalis yang tinggi, dan 13,3% siswa memiliki minat menjadi jurnalis yang rendah. Hasil analisis inferensial diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh positif layanan informasi profesi jurnalis terhadap minat menjadi jurnalis siswa kelas XI Desain Komunikasi Visual SMK Negeri 5 Palu. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh positif layanan informasi profesi jurnalis terhadap minat menjadi jurnalis siswa kelas XI desain komunikasi visual SMK Negeri 5 Palu.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Konseling dan Psikoedukasi dengan e-ISSN: 2502-4000 merupakan jurnal elektronik dan media komunikasi ilmiah yang berisi ringkasan hasil-hasil penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling serta kajian psikologi dalam terapan ilmu pendidikan yang diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu ...