JKP (Jurnal Konseling dan Psikoedukasi)
Volume 3, Number 1, June 2018

PENGARUH LAYANAN INFORMASI STRATEGI MEMILIH PROGRAM STUDI TERHADAP PEMILIHAN KARIR SISWA KELAS XI IBBU SMA NEGERI 2 PALU

dadang, Muh (Unknown)
Thalib, Mansyur (Unknown)
Silviana, Meilisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2018

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif pemberian layanan informasi strategi memilih program studi terhadapĀ  pilihan karir siswa kelas XI IBBU SMA Negeri 2 Palu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh positif pemberian layanan informasi strategi memilih program studi terhadap pemilihan karir siswa.Subjek pelitian ini berjumlah 20 siswa.Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket pemilihan karir.Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriftif dan inferensial.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik statistic yaitu uji t (satu ekor) pada taraf signifikan 95%. Hasil analisis deskriftif menunjukkan bahwa sebelum diberikan layanan informasi strategi memilih program studi, terdapat 30% siswa yang memilikipemilihan karir baik, 45% siswa yang memiliki pemilihan karir cukup, dan 25% siswa yang memilikipemilihan karir kurang baik. Setelah diberikan layanan informasi strategi memilih program studi, terjadi peningkatan pemilihan karir siswa, antara lain: terdapat 20% siswa yang memilikipemilihan karir sangat baik, ada 35% siswa yang memiliki pemilihan karirĀ  baik, dan 50% siswa berada pada klasifikasi pemilihan karir cukup baik. Hasil analisis inferensial diperoleh kesimpulanĀ  bahwa ada pengaruh positif pemberian layanan informasi strategi memilih program studi terhadap pemilihan karir siswa. Maka hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif pemberian layanan informasi strategi memilih program studi terhadap pemilihan karir siswa kelas XI IBBU SMA Negeri 2 Palu

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Konseling dan Psikoedukasi dengan e-ISSN: 2502-4000 merupakan jurnal elektronik dan media komunikasi ilmiah yang berisi ringkasan hasil-hasil penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling serta kajian psikologi dalam terapan ilmu pendidikan yang diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu ...