JKP (Jurnal Konseling dan Psikoedukasi)
Volume 3, Number 1, June 2018

EFEKTIFITAS SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 7 PALU)

Lestari, Ayu (Unknown)
Thalib, Mansyur (Unknown)
Munifah, Munifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2018

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah tingkat kemampuan komunikasi interpersonal siswa sesudah mengikuti teknik sosiodrama lebih tinggi jika dibandingkan dengan sebelum mengikuti teknik sosiodrama.Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan efektivitas teknik sosiodrama dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa.Subjek penelitian ini berjumlah 6 siswa.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket kemampuan komunikasi interpersonal. Data penelitian selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus Wilcoxon sign rank test. HasilĀ  analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum mengikuti sosiodrama siswa NA dan AD memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang sangat rendah, kemudian siswa FA, SN, NG, dan FN memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang rendah. sesudah mengikuti soisodrama adalah siswa SN dan AD memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang rendah, kemudian siswa NA, FA, NG dan FN memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang tinggi. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi interpersonal siswa sesudah mengikuti teknik sosiodrama lebih tinggi jika dibandingkan sebelum mengikuti teknik sosiodrama.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Konseling dan Psikoedukasi dengan e-ISSN: 2502-4000 merupakan jurnal elektronik dan media komunikasi ilmiah yang berisi ringkasan hasil-hasil penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling serta kajian psikologi dalam terapan ilmu pendidikan yang diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu ...