JKP (Jurnal Konseling dan Psikoedukasi)
Volume 2, Number 2, December 2017

EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MEREDUKSI PERILAKU ADIKSI HANDPHONE SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 PALU

Richard, Perysai (Unknown)
Thalib, Mansyur (Unknown)
Syahran, Ridwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2017

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah apakah perilaku adiksi handphone siswa sesudah mengikuti layanan konseling kelompok teknik assertive training lebih rendah dibandingkan dengan sebelum mengikuti layanan konseling kelompok teknik assertive training. Tujuan utama penelitian ini adalah menjelaskan efektivitas layanan konseling kelompok teknik assertive training untuk mereduksi perilaku adiksi handphone siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket perilaku adiksi handphone siswa. Data penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. HasilĀ  analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum mengikuti layanan konseling kelompok teknik assertive training, siswa AT, WA, MK, dan AL memiliki perilaku adiksi handphone yang tinggi, siswa AV dan AF memiliki perilaku adiksi handphone yang sangat tinggi. Sesudah mengikuti layanan konseling kelompok teknik assertive training, terjadi penurunan perilaku adiksi handphone yaitu siswa WA, MK, dan AL memiliki perilaku adiksi handphone yang rendah, siswa AV memiliki perilaku adiksi handphone yang sedang, siswa AT memiliki perilaku adiksi handphone yang tinggi dan siswa AF memiliki perilaku adiksi handphone yang sangat tinggi. Hasil analisis isnferensial menunjukkan bahwa perilaku adiksi handphone siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Palu sesudah mengikuti layanan konseling kelompok teknik assertive training lebih rendah dibandingkan sebelum mengikuti layanan konseling kelompok rasional emotif teknik assertive training

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Konseling dan Psikoedukasi dengan e-ISSN: 2502-4000 merupakan jurnal elektronik dan media komunikasi ilmiah yang berisi ringkasan hasil-hasil penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling serta kajian psikologi dalam terapan ilmu pendidikan yang diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu ...