SMARTICS Journal
Vol 2 No 2: Smartics (Oktober 2016)

Penerapan Augmented Reality Sebagai Alternatif Media Pembelajaran

Hendra Pradibta (Unknown)
Budi Harijanto (Unknown)
Dimas Wahyu Wibowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2016

Abstract

Pendidikan dan pengajaran merupakan salah satu aspek yang banyak bersinggungan dengan teknologi.Namun hal ini bertolak belakang dengan kenyataan yang ada, dimana sebagian besar materi pembelajaran masih berbasis teks.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alternatif media pembelajaran dengan menerapkan teknologi Augmented Reality.Augmented Reality (AR) merupakan sebuah aplikasi yang dapat menggabungkan objek virtual berupa teks, gambar, dan animasi kedalam dunia nyata.Pengembangan aplikasi Augmented Realitymemanfaatkan Aurasma Web Based Studio, dengan materi pembelajaran doa harian anak. Pembuatan karakter dan animasi menggunakan aplikasi Adobe Illustrator dan Adobe After Effects.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa teknologi Augmented Realitydapat dimanfaatkan sebagai alternatif media pembelajaran yang menarik.Hal ini dikarenakan terdapat konten Augmented Realityberbentuk animasi yang memotivasi pengguna untuk menggunakan media pembelajaran tersebut. Kata Kunci: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Aurasma

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jst

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering

Description

SMARTICS Journal's aims is to disseminate research on applied computer science or information technology by publishing the original articles. The scope of SMARTICS are electrical, electronics, controls, information system, and applied ...