Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi
Vol 1, No 1 (2017): JURNAL NERACA

PENGARUH PENERAPAN METODE KOMBINASI CERAMAH, DEMONSTRASI DAN LATIHAN (CDL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI SISWA DI SMK NEGERI 1 PALEMBANG TAHUN AJARAN 2015/2016

Febriansyah, Febriansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2017

Abstract

AbstrakMasalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh yang signifikan penerapan metode kombinasi Ceramah, Demonstrasi dan Latihan terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa di SMK Negeri 1 Palembang. Jumlah sampel sebanyak 156 siswa yang terdiri dari kelas XI AK 6 dan XI AK 7 (kelompok eksperimen), serta kelas XI AK 2 dan XI AK 3 (kelompok kontrol). Metode penelitian yang digunakan, yaitu deskriftif kuantitatif korelasional dengan pendekatan eksperimen. Dari pengujian hipotesis rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 91,47 berada pada ”Kriteria Baik” sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelompok kontrol sebesar 85,17 berada pada “Kriteria Baik”. Besar pengaruh penerapan tersebut sebesar 23% dengan koefisien korelasi sebesar 0,49 berada pada “Kriteria Sedang”. Melalui persamaan regresi linier dummy variabel diketahui Ŷ = 85,175 + 5,45X. Selain itu pada uji U Mann Whitney sampel besar diperoleh harga Zhitung = 5,90 dan Ztabel alpha 0,05/2 = 1,96. Kriteria pengujian hipotesis bila Zhitung> Ztabel alpha 0,05/2 terima Ha, dan bila Zhitung ≤ Ztabel alpha 0,05/2, maka tolak Ha. Dari hasil pengujian tersebut, Zhitung = 5,90 dan Ztabel alpha 0,05/2 = 1,96, maka dengan demikian hipotesis berbunyi terdapat pengaruh penerapan metode kombinasi Ceramah, Demonstrasi dan Latihan (CDL) terhadap hasil belajar Komputer Akuntansi siswa di SMK Negeri 1 Palembang tahun ajaran 2015/2016 terbukti kebenarannya atau Ha diterima bila Zhitung> Ztabel, maka tolak Ho.Kata Kunci: Kombinasi Ceramah, Demonstrasi dan Latihan (CDL), dan Komputer Akuntansi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi was first printed in Juni 2017 with register number ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online) and published bay study program education accounting FKIP University PGRI of Palembang. Journal of Neraca include the results of the qualitative ...