Jurnal Inventa
Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Inventa Septrmber 2018

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD

Yullinar R. Podomi (Unknown)
Supit Pusung (Unknown)
Juliana M. Sumilat (Unknown)
Fientje J. A. Oentoe, Hetty J. Tumurang (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2018

Abstract

Pembelajaran sains di sekolah dasar sangat menantang karena banyak peristiwa alam yang belum dipahami siswa. Prinsip utama dari model pengajaran quantum bawalah dunia mereka ke dunia kita dan hantarkan dunia kita masuk ke dunia mereka, mampu membuat para siswa sekolah dasar tertarik untuk belajar dan memahami beberapa peristiwa yang baru untuk siswa kelas 3 SD. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan model pembelajaran Quantum teaching and learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III SD. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Walian 4/82 dengan subjek penelitian siswa kelas 3. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar ulang dan dianalisis dengan perhitungan ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pengajaran quntum dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, dimana dalam pembelajaran ini siswa di buat penasaran dan guru menghantarkan siswa dengan situasi yang membawa dunia mereka ke dalam dunia kita dan menghantarkan dunia kita ke dalam dunia mereka, sehingga meningkatkan minat belajar yang bersinergi pada peningkatan hasil belajar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal_inventa

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Inventa telah terbit online maupun cetak yang memuat artikel ilmiah dari hasil penelitian, studi pustaka, pengamatan atau gagasan atas suatu masalah yang timbul dalam kaitannya dengan perkembangan bidang pendidikan sekolah dasar. ...