Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya
Jurnal Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn SISWA SMPN 2 GEDANGAN SIDOARJO YANG MEMILIKI TINGKAT GAYA BELAJAR YANG BERBEDA

Suyono Suyono (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2012

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan strategi pembelajaran inkuiri dan pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar siswa. Kriteria uji yang digunakan adalah apabila probabilitas (signifikansi) lebih besar atau sama dengan 0,05 maka Ho diterima sedangkan jika sebaliknya yaitu jika probabilitas (signifikansi) lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak (Ha diterima). Berdasarkan tabel 4.8 diperoleh nilai F hitung sebesar 5.395 dengan kecepatan signifikansi sebesar 0,22. Ini menunjukkan bahwa Ho ditolak (Ha diterima) artinya ada perbedaan prestasi belajar PKn antara siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dengan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Strategi pembelajaran inkuiri dan pembelajaran ekspositori serta gaya belajar merupakan bagian yang mempengaruhi prestasi belajar PKn yang akan diteliti pada penelitian ini. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar PKn siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sidoarjo antara yang mengikuti pembelajaran dengan strategi inkuiri dan pembelajaran ekspositori, untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki gaya belajar cepat dan siswa yang memiliki gaya belajar lambat, serta untuk mengetahui adanya interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar PKn siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dan dipergunakan 2 kelas sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel adalah dengan probability sampling jenis simple random sampling. Analisis data menggunakan rumus Anova Dua Jalur untuk hipotesis penelitian pertama ditemukan harga F sebesar 5.395 dan signifikansi sebesar 0,22 untuk hipotesis penelitian kedua ditemukan harga F sebesar 41.762 dan signifikansi sebesar 0,000 untuk hipotesis penelitian ketiga mempergunakan teknik statistik Anova Dua Jalur ditemukan harga F sebesar 3.670 dan signifikansi sebesar 0.004. Dengan demikian dapat diambil simpulan bahwa: (1) ada perbedaan prestasi belajar PKn siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sidoarjo antara yang mengikuti pembelajaran dengan strategi inkuiri dan pembelajaran ekspositori, (2) ada perbedaan prestasi belajar antara yang memiliki gaya belajar cepat dan yang memiliki gaya belajar lambat (3) ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar PKn Kelas VIII SMP Negeri 2 Sidoarjo.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

jurnal_buana_pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini terbit dua kali setahun bulan Februari dan Oktober berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan, baik yang ditulis dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Tulisan yang dimuat dapat berupa analisis, kajian pustaka, atau hasil ...