TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman
Vol 3, No 1 (2017): 10 Articles, Pages 1-194

AN EVALUATION ON STUDENTS’ READING MOTIVATION AND THEIR READING COMPREHENSION OF THE ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS IAIN PADANGSIDIMPUAN

HARIDA, EKA SUSTRI (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah motivasi membaca mahasiswa yang masih tergolong rendah dan kemampuan membaca yang masih dikatakan belum cukup memuaskan. Hal inilah yang menyebabkan peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini, dengan tujuan untuk mengetahui apakah motivasi membaca tersebut memiliki hubungan yang signifikan terhadap kemampuan membaca mereka. Penelitian ini menguji hubungan antara motivasi membaca dan kemampuan membaca mahasiswa Bahasa Inggris di IAIN Padangsidimpuan. Penelitian ini dalam bentuk kuantitatif dengan tipe korelasi, dengan mengambil 40 mahasiswa sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian ini adalah angket tentang motivasi membaca dan tes membaca pemamahaman dalam bentuk pilihan berganda. Data dianalisa menggunakan analisis statistik  melalui SPSS 22. Dari hasil analisis ditemukan bahwa motivasi membaca mahasiswa pada level baik karena memiliki skor sekitar 80, namun untuk kemampuan membaca mahasiswa, nilai rata-ratanya hanya pada level cukup, sekitar 60 saja. Selanjutnya, dari analisa data yang dilakukan maka ditemukan bahwa korelasi antara kedua variable adalah sangat lemah, namun terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi membaca dengan kemampuan membaca dari hasil uji-t, dan dinyatakan bahwa hipotesis diterima

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

TZ

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

TAZKIR: Jurnal Penelitian ilmu-ilmu sosial dan keislaman published in 2015 with P-ISSN: 2442-7004, and E-ISSN: 2460-609X is A peer-reviewed journal that is published by the LPPM IAIN Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesia. The journal an effort to provide forums for academicians and researchers ...