Penelitian ini dilakukan untuk memecahkan masalah mahasiswa dalam menulis dalamĀ bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan menulis mahasiswa semester 5 Program Studi Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan melalui penggunaan Task Based Language Teaching. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang berisikan 4 pertemuan dan 28 orang partisipan dari mahasiswa lokal TBI-3. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pertemuan 1 skor siswa 73,3 dengan 22 orang mahasiswa tuntas dan 6 orang siswa belum tuntas. Pada pertemuan ke-2, skor rata-ratanya 73,5 dimana terdapat 24 orang mahasiswa yang tuntas dan 4 orang lagi belum tuntas. Selanjutnya pada pertemuan ke-3 terdapat 27 orang mahasiswa yang tuntas dalam menulis bahasa Inggris, sementara 1 orang lagi masih belum tuntas, dengan nilai rata-rata 77,5. Pada pertemuan terakhir terdapat 100% mahasiswa tuntas, dengan nilai rata-rata 79,2. Dari temuan tersebut, maka ditemukan bahwasanya Task Based Language Teaching dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis bahasa Inggris, dan dinyatakan bahwa hipotesis penelitian diterima.
Copyrights © 2015