Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2018): Mei 2018

Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Pecahan Menggunakan Model Kooperatif Tipe TPS pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2017/2018

Yeni Mahara (Syiah Kuala University)
Budiman Budiman (Syiah Kuala University)
M. Hasbi (Syiah Kuala University)



Article Info

Publish Date
30 May 2018

Abstract

Pembelajaran kooperatif ialah satu dari beberapa model yang aktivitas mengajar yang dilakukan guru dengan membuat suasana belajar yang berkemungkinan terjadi proses belajar antar siswa. Kegiatan pembelajaran dalam kelompok oleh siswa akan terjadi interaksi apabila disetting dan diatur oleh guru. Penelitian ini memiliki rumusan masalah Apakah hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 1 Banda Aceh melebihi KKM, dengan menggunakan model kooperatif tipe TPS pada materi operasi hitung bilangan pecahan. Penelitian ini merupakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) bertujuan agar mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa memakai model kooperatif tipe TPS materi operasi hitung bilangan pecahan pada siswa kelas VII MTs Negeri 1 Banda Aceh. Pengambilan data dilakukan pada awal bulan Agustus 2017. Pelaksanaan penelitian ini berlangsung sebanyak empat kali pertemuan. Adapun populasi yang diambil untuk penelitian ini ialah MTs Negeri 1 Banda Aceh dan sampel yang dipilih untuk penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII-5 yang jumlah siswanya 30 orang. Instrumen yang diberikan kepada siswa berupa tes soal dengan banyak lima poin. Uji-t yaitu rumus yang digunakan untuk menguji Hipotesis penelitian ini dengan taraf signifikan dan kepercayaan adalah 5% dan 95%. Uji normalitas data, menggunakan statistik chi-kuadrat menunjukan bahwa   yaitu 0,66151 3,84 dan peneliti juga memakai statistik uji-t dengan taraf signifikan () = 0,05. Hipotesis statistik uji-t diuji dengan mengujikan uji satu pihak yaitu pihak kanan, dan hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa  yaitu 6,75 1,70. Simpulan melalui penerapan model kooperatif tipe TPS pada mata pelajaran matematika materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan di kelas VII MTsN 1 Banda Aceh hasil belajar siswa dapat melebihi KKM.  Kata Kunci:     kooperatif, Thik Pair Share, hasil belajar.

Copyrights © 2018