Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2018): Mei 2018

Prestasi Belajar Matematika Siswa berdasarkan Gender di Kelas XI SMA Inshafuddin Banda Acehelajar Matematika Siswa Berdasarkan Gender di Kelas XI SMA Inshafuddin Banda Aceh

Hayatur Rahmi (Syiah Kuala University)
Johan Yunus (Syiah Kuala University)
Tuti Zubaidah (Syiah Kuala University)



Article Info

Publish Date
30 May 2018

Abstract

Pemisahan kelas belajar berdasarkan gender di SMA Inshafuddin Banda Aceh memiliki sistem belajar yang berbeda di sekolah lainnya dimana seluruh siswa hanya terdiri dari siswa laki-laki saja dan perempuan saja di dalam kelas. Berkaitan dengan pelajaran matematika di sekolah terdapat perbedaan ketertarikan dalam kemampuan matematika, siswa laki-laki lebih menyukai hal yang bersifat abstrak dan perempuan lebih menyukai sesuatu yang bersifat kongret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika siswa berdasarkan kelas gender di kelas XI  SMA inshafuddin Banda Aceh. Metode digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data penelitian ini diperoleh dari dokumentasi berupa  nilai akhir siswa (rapor) dan wawancara. Data nilai akhir siswa perempuan dan siswa laki-laki mengikuti sebaran normal sehingga memenuhi untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan uji statistik uji-t. Uji yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikan ∝ =0,05. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh t hitung = 5,78 , dan t tabel dengan taraf signifikan ∝ =0,05 dengan dk= 24 diperoleh t (0,95)(24) = 1,71 sehingga  thitung ttabel. Dengan demikian maka tolak H0, dan terima Ha. Dengan perkataan lain dapat disimpulkan: adanya perbedaan prestasi belajar matematika siswa berdasarkan kelas gender di kelas XI SMA Inshafuddin Banda Aceh.  Kata Kunci:     Prestasi belajar, matematika, gender.

Copyrights © 2018