Perilaku adaptive help-seeking (AHS) merupakan perilaku meminta bantuan saat mengalami kesulitan belajar dengan tidak bermaksud menggantungkan tugasnya pada orang lain. Dengan adanya perilaku tersebut diharapkan kepada siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar matematikanya. Penelitian yang berjudul “Hubungan Perilaku Adaptive Help-Seeking terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 15 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017” tersebut bertujuan untuk melihat dan mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku AHS terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII SMPN 15 Banda Aceh. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMPN 15 Banda Aceh yang berjumlah 2 kelas dan yang menjadi sampel yaitu seluruh siswa kelas VIII tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yaitu deskriptif korelasi. Sedangkan pengumpulan data untuk mengetahui perilaku AHS siswa dilakukan dengan cara mengedarkan angket perilaku AHS dan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa didapat dari guru matematika kelas VIII di SMP tersebut. Pengolahan datanya diolah dengan menggunakan uji-korelasi product-moment. Dari hasil penelitian ini didapat kontribusi perilaku AHS sebesar 0,04% terhadap hasil belajar matematika siswa. Namun demikian, kontribusi perilaku AHS menunjukan pengaruh pada tingkat sangat rendah sehingga dalam pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku AHS dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 15 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: Perilaku adaptive help-seeking, hasil belajar, matematika.
Copyrights © 2018