JURNAL ILMIAH MAHASISWA AGROINFO GALUH
Vol 4, No 1 (2017): September 2017

ANALISIS SALURAN PEMASARAN KELAPA (Suatu Kasus di Desa Cimaragas Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis)

Aji Ruzhan Bachtiar (Fakultas Pertanian Universitas Galuh Ciamis)
Dini Rochdiani (Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran)
Sudradjat Sudradjat (Fakultas Pertanian Universitas Galuh Ciamis)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) saluran pemasaran kelapa mulai dari produsen sampai ke konsumen, (2) besarnya marjin, biaya dan keuntungan lembaga pemasaran kelapa dari produsen ke konsumen, dan (3) persentase harga yang diterima petani (Farmer’s Share) dalam proses pendistribusian kelapa di Desa Cimaragas Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yaitu metode penelitian yang dilakukan untuk mengadakan pemeriksaan dan pengukuran-pengukuran terhadap gejala empiris yang berlangsung di lapangan atau lokasi penelitian, umumnya dilakukan terhadap unit sampel yang dihadapi sebagai responden sebanyak 30 orang petani, sedangkan jumlah pedagangpengumpul 3 orang, pedagang besar 2 orang dan pedagang pengecer 2 orang. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif sedangkan untuk mengetahui marjin, biaya, keuntungan pemasaran yang diperoleh setiap lembaga pemasaran dan peresentase harga yang diterima petani (Farmer’s Share) menggunakan rumus Sudiyono (2004).Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1. Terdapat dua saluran pemasaran kelapa dari Desa Cimaragas ke Pasar Solo yaitu : Saluran I : Petani – Pedagang Pengumpul Cimaragas – Pedagang Besar Pasar Solo – Pedagang Pengecer Pasar Solo – Konsumen Saluran II : Petani – Pedagang Pengumpul Cimaragas – Pedagang Pengecer Pasar Solo – Konsumen2. Marjin pemasaran pada masing-masing lembaga pemasaran pada saluran I di pedagang pengumpul Rp. 1.000,- per butir, di pedagang besar Rp. 500,- per butir dan di pedagang pengecer Rp. 500,- per butir. Sedangkan pada saluran II besarnya marjin pemasaran di pedagang pengumpul Rp. 1.000,- per butir dan pedagang pengecer Rp. 1.000,- per butir.3. Bagian harga yang diterima petani atau Farmer’s Share pada saluran I dan saluran II adalah sama sebesar 63,63 % karena harga ditingkat petani pada saluran I dan II serta harga yang diterima pedagang pengecer pada saluran I dan saluran II adalah sama yaitu masing-masing sebesar Rp.3.500 per butir dan Rp. 5.500,- per butir. Kata Kunci : Saluran, Pemasaran, Kelapa.Kata Kunci : Saluran, Pemasaran, Kelapa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

agroinfogaluh

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH merupakan jurnal ilmiah berkala yang memuat hasil penelitian dari mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas ...