JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH
Vol 3, No 2 (2018): JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH

PENERAPAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI MAN 4 PASAMAN BARAT

Melia Roza (STKIP Pesisir selatan)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena ada beberapa tujuan pembelajaran matematika yang belum tercapai salah satunya kemampuan komunikasi matematis. Salah satu faktor kurangnya kemampuan komunikasi matematis, siswa diantaranya adalah hanya mendengarkan penjelasan guru, kemudian mencatat dan menyelesaikan soal latihan. Hal ini, mengakibatkan pengetahuan dan pemahaman siswa terbatas pada informasi yang diberikan guru. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan Model Eliciting Activities (MEAs). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan Model Eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI IPS MAN 4 Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen semu. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Random Sampling sehingga yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah siswa kelas XI IPS 1 da\n sebagai kelas kontrol adalah siswa kelas XI IPS 2. Analisis Data dilakukan dengan menggunakan uji t dengan taraf diperoleh thitung= dan ttabel = 1,669 sehingga Hal ini berarti tolak dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan Model Eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XIIPSMAN 4 Pasaman Barat

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

kp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah (JKPS) merupakan jurnal ilmiah penelitian pendidikan yang memuat hasil penelitian dan/atau kajian analitis - kritis di bidang kepemimpinan kepala sekolah, proses pembelajaran dan evaluasi pendidikan dengan tujuan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan model ...