Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling
Vol 3, No 2 (2018)

KINERJA KONSELOR DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS ASCA NASIONAL

Ratnasari Ratnasari (Magister Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Negeri Jakarta)
Herdi Herdi (Magister Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja konselor sekolah dalam  melaksanakan  program bimbingan dan konseling berdasarkan ASCA Nasional.  Metode penelitian yang digunakan deskriptif. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling yaitu berjumlah 9 orang guru BK di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program BK berdasarkan panduan ASCA yang telah dilakukan oleh konselor sekolah, dapat diketahui dari hasil penelitian bahwa: SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya dengan perolehan 320 dengan persentasi 72,2% berada pada kategori baik, Madrasah Aliyah Al-Amin Tasikmalaya dengan perolehan 357 dengan persentasi 81,13% berada pada kategori sangat baik, selanjutnya SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya dengan perolehan 395 dengan persentasi 89,77% berada pada kategori sangat baik.  Hasil penelitian ini disarankan untuk dapat dimanfaatkan oleh pihak sekolah sebagai dasar memberikan fasilitas yang mendukung dalam pelayanan bimbingan dan konseling kepada siswa.Selain itu, data ini juga dapat membantu pengawas sekolah untuk mengetahui kinerja konselor sekolah dalam pelayanan program bimbingan dan konseling. Kata Kunci: Manajemen Program BK, ASCA

Copyrights © 2018