Hibualamo : Seri Ilmu-Ilmu Sosial dan Kependidikan
Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Hibualamo Seri Ilmu-ilmu sosial dan kependidikan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII1 SMP NEGERI 6 KOTA TERNATE

Yunus, Muhamad Refki (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII1 SMP Negeri 6 Kota Ternate pada konsep usaha dan energi dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger. Desain penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa setelah pembelajaran dan lembar observasi untuk guru dan siswa. Pada siklus I terdiri atas 6 soal essay dengan jumlah skor total 54, pada siklus II terdiri dari 6 soal essay dengan jumlah skor total 66, dan pada siklus III terdiri dari 8 soal essay dengan jumlah skor total 71. Siklus I, aktivitas siswa rata-rata 58,17%, aktivitas guru 50,00% dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 orang atau 38,46%. Untuk siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 64,90%, aktivitas guru 65,90% dan jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 57,69%. Sedangkan pada siklus III, aktivitas siswa meningkat 74,75%, aktivitas guru 81,81% dan jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 73,07%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Treffinger dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep usaha dan energi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

HibSos

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal ini dikelola dan diterbitkan oleh LPPM Universitas Hein Namotemo yang mempublikasikan artikel dalam bidang: 1. Filsafat 2. Sosial Humaniora 3. Budaya 4. Agama 5. ...