al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 2, No 1 (2017): al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam

POLA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK KARAKTER MAHASISWA DI FITK JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN AMBON

Salayar Laganti (Institut Agama Islam Negeri Ambon)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter mahasiswa dan pola pendidikan dalam membentuk karakter mahasiswa di FITK Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Ambon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif, Lokasi penelitian di FITK Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Ambon. Dengan teknik pengambilan data yaikni observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan Ketua Jurusan Pendidikan Agama Islam, Dosen serta para pegawai dan Staf. Temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa karakter mahasiswa PAI yang cenderung memiliki perilaku yang buruk yakni mahasiswa yang nilai-nilainya tidak tuntas sehingga cenderung melakukan aksi demonstrasi dan lainya, perilaku buruk tersebut dikarenakan belum optimalnya pola yang dikembangkan oleh jurusan Pendidikan Agama Islam, sedangkan pada mahasiswa yang memiliki kepribadian atau karakter yang baik yakni mahasiswa yang aktif dalam kegiatan-kegiatan kemahasiswaan baik di dalam kampus maupun diluar. Adapun pola pendidikan karakter mahasiswa di FITK Jurusan Pendidikan Agama Islam yakni, 1) pembinaan karakter dalam proses pembelajaran di kelas, 2) pembinaan melalui Workshop, 3) pembinaan melalui UKM, 4) Pembinaan melalui dosen Penasehat Akademik. Dengan harapan kiranya melalui pola pendidikan karakter tersebut sebagai solusi guna membentuk karakter mahasiswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ALT

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

al-Iltizam adalah jurnal yang membahas seputar Pendidikan Agama Islam yang dikelolah oleh Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) ...