Triple S (Journals of Mathematics Education)


Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Dengan Model Brain Based Learning (Penelitian Tindakan Kelas)

Sadikin, Rizal Laode (Unknown)
Muhammad, Guntur Maulana (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan keprihatinan peneliti terhadap rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA. Peneliti memberikan solusi model Brain Based Learning (BBL). Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 MAN 2 Cianjur dengan jumlah 32 siswa. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Limit Fungsi Aljabar dan Turunan Fungsi Aljabar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa, dan hasil perhitungan Daya Serap Klasikal (DSK) siswa. Respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model Brain Based Learning pada umumnya memberikan respon positif. Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan model Brain Based Learning berjalan aktif. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Brain Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA dalam mata pelajaran matematika.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

triple-s

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

TRIPLE S merupakan Jurnal Pendidikan Matematika yang diterbitkan oleh IAPM UNSUR. Triple S terbit dua kali dalam setahun (April dan Oktober). Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan hasil penelitian, tinjauan komprehensif literatur ilmiah atau ulasan buku ilmiah yang dihasilkan oleh para ...