Penelitian ini dilatar belakangi dengan keprihatinan peneliti terhadap rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA. Peneliti memberikan solusi model Brain Based Learning (BBL). Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 MAN 2 Cianjur dengan jumlah 32 siswa. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Limit Fungsi Aljabar dan Turunan Fungsi Aljabar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa, dan hasil perhitungan Daya Serap Klasikal (DSK) siswa. Respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model Brain Based Learning pada umumnya memberikan respon positif. Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan model Brain Based Learning berjalan aktif. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Brain Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA dalam mata pelajaran matematika.
Copyrights © 0000