Cakrawala Dini : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 2 (2017): November 2017

KAJIAN IDE KURIKULUM 2013 PAUD DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGEMBANGAN KTSP

Prihantini Prihantini (PGPAUD Kampus Cibiru)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2018

Abstract

Perubahan kurikulum merupakan bagian dari pengembangan kurikulum, karena perjalanan kurikulum selalu mengalami penyempurnaan maka disebut dengan pengembangan kurikulum. Sebagaimana lahirnya Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini juga merupakan perubahan kurikulum baru. Kebijakan yang ditetapkan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) disusun oleh Satuan Pendidikan. Dalam penyusunannya satuan pendidikan perlu membentuk Tim Pengembang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Untuk dapat mengembangkan KTSP, Tim Pengembang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan perlu memahami ide Kurikulum 2013 PAUD, karena tampa memahami ide yang termuat didalamnya maka KTSP yang dikembangkan akan berbeda dan bukan merupakan kesinambungan dari ide Kurikulum 2013 PAUD. Dokumen yang disusun berbeda dengan ide yang sesungguhnya maka akan berdampak pula pada proses pembelajaran yang berbeda, karena implementasi pembelajaran bukan merupakan kesinambungan dari dokumen KTSP maupun ide Kurikulum 2013 PAUD.  Kata Kunci: Kurikulum 2013 PAUD, ide kurikulum, KTSP

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

cakrawaladini

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Cakrawala Dini is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research-article and ideas-article. All topics that we received only articles relating to early childhood education fields. For research category, articles can be written using ...