Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP)
Vol 1 No 2 (2018): Vol 1 No 2 (2018)

Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Media Pembelajaran Game Education "Marbel Huruf" Pada Siswa Autis Kelas 1 Di SDLBN Manisrejo Kota Madiun

Suparmi , (SDLBN Manisrejo Kota Madiun)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui media game education “marbel huruf” pada anak autis kelas 1 di SDLBN Manisrejo kota Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian yaitu anak autis kelas 1 di SDLBN Manisrejo Madiun yang terdiri dari dua anak. Desain yang digunakan adalah model penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus.Siklus pertama subjek diberikan pre-test.Setiap siklus diakhiri dengan post-test.Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan yakni kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran game education “Marbel Huruf” dapat meningkatkan kemampuan membaca untuk anak autis kelas 1 di SDLBN Manisrejo Madiun. Hal ini ditunjukkan dengan Perolehan skor yang diperoleh subjek mengalami peningkatan dari Skor yang diperoleh subjek mengalami peningkatan untuk LKY dari 38 (63,33%) pada tes kemampuan awal (pre-test) menjadi 45 (75%) dan untuk DNI dari 40 (66,67) menjadi 48 (80%) pada tes pasca tindakan (post-test) siklus I. Jumlah peningkatan skor yang diperoleh subjek LKY adalah 7 (11,67%) dan untuk DNI mengalami peningkatan 8 (13,33%). LKY mendapatkan skor 54 (90%) dan DNI mendapatkan skor 58 (96,67%) pada tes pasca tindakan siklus II. Skor tersebut telah mencapai dan melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

WKP

Publisher

Subject

Education

Description

Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) adalah Jurnal yang memuat karya ilmiah pendidik dan praktisi pendidikan sebagai hasil usaha dan kreatifitas mereka dalam mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian ...