Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP)
Vol 1 No 3 (2018): Vol 1 No 3 (2018)

Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Peta, Atlas Dan Globe Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Siswa Kelas VI SDN 3 Tempuran Kecamatan Sawoo

Slamet Sukarnoto (Sekolah Dasar Negeri 3 Tempuran Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa Kelas VI SDN 3 Tempuran Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018.NPeranan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan kemampuan dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : pada siklus I 72,37; siklus II 75,53; dan siklus III 80,79. Selain ditandai adanya peningkatan mean skor juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 68,42%, siklus II 78,95%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

WKP

Publisher

Subject

Education

Description

Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) adalah Jurnal yang memuat karya ilmiah pendidik dan praktisi pendidikan sebagai hasil usaha dan kreatifitas mereka dalam mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian ...