RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 2, No 2 (2017): Ristekdik : Jurnal Bimbingan dan Konseling, Juli-Desember 2017

PENGELOMPOKKAN GAYA BELAJAR MAHASISWA MENURUT TEORI HONEY MUMFORD BERDASARKAN INTENSITAS KUNJUNGAN PUSTAKA

Zakirman Zakirman Zakirman (Dosen FILKOM UPI YPTK Padang)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2017

Abstract

Siswa adalah individu dengan berbagai keunikan. Keunikan tersebut menjadi sebuah pembeda antara individu yang satu dengan yang lainnya. Jika ditinjau dari aspek psikologi pendidikan,perbedaan individu dapat dikaji dari segi gaya belajarnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bervariatifnya gaya belajar mahasiswa jika ditinjau dari berbagai aspek. Salah satu yang menjadi perhatian adalah gaya belajar mahasiswa jika ditinjau dari segi kunjungan mahasiswa tersebut ke pustaka. Secara umum belum diketahui apa saja tipe gaya belajar mahasiswa yang sering berkunjung ke pustaka. Kebanyakan opini menyatakan bahwa gaya belajar mahasiswa yang sering berkunjung ke pustaka tersebut adalah Theorist. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana gaya belajar mahasiswa jika ditinjau dari intensitas kunjungan pustaka. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dan instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data berupa angket. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa persentase siswa dengan klasifikasi pembagian sesuai teori Honey Mumford sebagai berikut : (ACTV: 4,4 %, REFL:44,4%, THEO:13,3%, PRAG:37,8%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah gaya belajar mahasiswadengan tipe Reflector lebih mendominasi dalam kunjungan ke pustaka jika dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya belajar pragmatis, activist dan theorist.Kata kunci: Pengelompokkkan mahasiswa, Teori Honey Mumford, Kunjungan Pustaka

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Ristekdik

Publisher

Subject

Education

Description

RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ristekdik memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam bimbingan ...