NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 1, No 2 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU DI SMP NEGERI 2 TANTOM ANGKOLA KABUPATEN TAPANULI SELATAN PROVINSI SUMATERA UTARA

Eli Santana Siregar (Dosen FKIP Univeristas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
19 May 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbedaan hasil belajar siswa  yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match, lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah bervariasi, (2) perbedaan hasil belajar siswa  yang memiliki minat belajar yang tinggi yang diajarkan dengan model pembelajaran Make a Match, lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang mempunyai minat belajar yang tinggi diajarkan dengan metode ceramah bervariasi, (3) perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar yang rendah diajar dengan model pembelajaran Make a Match lebih tinggi dibandingkayn hasil belajar siswa yang mempunyai minat belajar rendah yang diajarkan dengan  metode ceramah bervariasi, (4) Interaksi antara model pembelajaran dengan minat terhadap hasil belajar.Hasil penelitian mengungkapkan (1) Hasil belajar IPS Terpadu yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match lebih tinggi dari pada hasil belajar yang diajar dengan metode ceramah bervariasi. (2) Hasil belajar IPS Terpadu siswa yang memiliki minat belajar tinggi yang  diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar tinggi diajar dengan metode ceramah bervariasi. (3) Hasil belajar IPS Terpadu siswa yang  memiliki minat belajar rendah yang  diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match lebih tinggi hasil belajar IPS Terpadu siswa yang memiliki minat belajar rendah yang diajar dengan metode ceramah bervariasi. (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu, artinya model Make a Match diterima untuk semua siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...