Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match, lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah bervariasi, (2) perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar yang tinggi yang diajarkan dengan model pembelajaran Make a Match, lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang mempunyai minat belajar yang tinggi diajarkan dengan metode ceramah bervariasi, (3) perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar yang rendah diajar dengan model pembelajaran Make a Match lebih tinggi dibandingkayn hasil belajar siswa yang mempunyai minat belajar rendah yang diajarkan dengan metode ceramah bervariasi, (4) Interaksi antara model pembelajaran dengan minat terhadap hasil belajar.Hasil penelitian mengungkapkan (1) Hasil belajar IPS Terpadu yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match lebih tinggi dari pada hasil belajar yang diajar dengan metode ceramah bervariasi. (2) Hasil belajar IPS Terpadu siswa yang memiliki minat belajar tinggi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar tinggi diajar dengan metode ceramah bervariasi. (3) Hasil belajar IPS Terpadu siswa yang memiliki minat belajar rendah yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match lebih tinggi hasil belajar IPS Terpadu siswa yang memiliki minat belajar rendah yang diajar dengan metode ceramah bervariasi. (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu, artinya model Make a Match diterima untuk semua siswa.
Copyrights © 2017