Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kreativitas produk terhadap inovasi produk dan bagaimana fungsi mediasi keunggulan bersaing atas pengaruh kreativitas dan inovasi produk terhadap kinerja industri. Penelitian ini merupakan field-research studi kasus terhadap 119 creative-preneurs yang ada di kota Malang yang dipilih secara accidental-purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas produk berpengaruh positif terhadap inovasi produk, keunggulan bersaing tidak memediasi pengaruh kreativitas terhadap kinerja industri tetapi memediasi pengaruh inovasi produk terhadap kinerja industri. Sehingga, untuk meingkatkan kinerja industri kreatif, produk-produk kreatif yang dihasilkan oleh industri kreatif harus memiliki keunggulan bersaing. Keunggulan bersaing ini dapat berupa harga yang kompetitif, produk yang memiliki manfaat tinggi, memiliki differensiasi dan tidak mudah tergantikan. Untuk mencapai keunggulan bersaing tersebut, industri kreatif seharusnya melakukan inovasi produk dengan cara menemukan produk baru yang unik dan memiliki daya tarik tinggi, atau minimal mengembangkan produk yang sudah ada atau melakukan duplikasi dan sintesis produk.
Copyrights © 2018