Ijtimaiyah: Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya
Vol 1, No 2 (2017): IJTIMAIYAH

MODEL PENDIDIKAN KARAKTER YANG BAIK DI SEKOLAH ALAM

Silvia Tabah Hati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2017

Abstract

Sekolah Alam adalah fasilitas pendidikan dengan konsep pengembangan pendidikan karakter secara alami. Keunikan Sekolah Alam dibandingkan dengan sekolah konvensional adalah pada elemen visualspasial, kinestetik, dan naturalis. Sekolah alternatif  berbasis alam memiliki banyak perbedaan dengan sekolah formal. Namun bukan berarti tanpa kurikulum kompetensi. Sekolah alteratif berbasis alam tetaplah bernilai positif sebagai upaya menumbuhkan kemandirian semenjak dini, membuka kesadaran kreatif seluas mungkin serta memberikan pembelajaran soal kerja sama. Kegiatan belajar mengajar di sekolah alam dapat  menumbuhkan kesadaran pada anak bahwa belajar merupakan kegiatan yang menyenangnkan. Belajar di alam terbuka, secara naluriah akan menimbulkan suasana menyenangkan, tanpa tekanan dan jauh dari kebosanan. Dengan begitu akan tumbuh kesadaran pada anak-anak bahwa belajar itu merupakan kegiatan yang mengasyikkan dan sekolah pun menjadi identik dengan kegembiraan. Selain itu, pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran bersifat integratif, komprehensif, dan aplikatif.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ijtimaiyah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ini merupakan jurnal Pendidikan dan penelitian berbasis sosial dan budaya. (P-ISSN : 2541-660x dan E-ISSN: 2829-6877) diterbitkan oleh Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN SU Medan. Jurnal Ijtimaiyah Ilmu Sosial dan Budaya ini tidak hanya menerima ...