Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media pembelajaran smart tester berbasis digital ATMega32 pada mata kuliah Rangkaian Elektronika. Dalam pembelajaran mata kuliah Rangkaian Elektronika kurang adanya kolaborasi penggunaan media pembelajaran yang efisien, membuat mahasiswa kurang aktif dalam pembelajaran serta minat belajar mahasiswa menjadi kurang sehingga hasil belajar mahasiswa menjadi rendah. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan satu kelas, diambil menggunakan teknik angket kelompok kecil dan angket kelompok besar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan angket kelayakan. Tingkat kelayakan smart tester berbasis digital ATMega32 sebagai media pembelajaran dengan hasil uji validasi pemakaian oleh ahli media memperoleh persentase 87,67% sehingga dikategorikan sangat layak. Untuk uji pemakaian kepada mahasiswa persentase yang didapatkan sebesar 81,42% sehingga dikatagorikan sangat layak. Simpulan pada penelitian ini adalah hasil dari penelitian pengemban
Copyrights © 2018