PROSIDING SEMINAR NASIONAL CENDEKIAWAN
PROSIDING SEMINAR NASIONAL CENDEKIAWAN 2018 BUKU I

TINGKAT KEBISINGAN PESAWAT UDARA DI SEKITAR BANDARA UDARA SULTAN THAHA, JAMBI, PROVINSI JAMBI

Fadhlan Aldian (Unknown)
Melati F Fachrul (Unknown)
Endro Suswantoro (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2018

Abstract

Bandar Udara Sultan Thaha merupakan bandara Provinsi Jambi yang memiliki satu landasan pacu dengan dimensi 2.220 m x 45 m., bandar udara provinsi ini dalam sehari melayani 38 penerbangan menuju beberapa kota yang ada di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui intensitas kebisingan pada kawasan bandar udara terutama pada lokasi di sekitar area landasan pacu dan pemukiman sekitar area landasan pacu, menghitung indeks kebisingan dengan metode WECPNL (Weighted Equivalent Continuous Perceived Noise Level) dan membuat Kontur Tingkat Kebisingan (Noise Level Contour). Titik pengukuran ditetapkan berdasarkan rekomendasi ICAO (International Civil Aviation Organization) dan menghitung indeks kebisingan menggunakan metode WECPNL (Weighted Equivalent Continuous Perceived Noise Level). Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas tertinggi terletak pada titik 10 dengan jarak 300 meter sejajar dengan landasan pacu dan merupakan posisi awal pesawat (Starting Point) yang memiliki intensitas sebesar 95,7 dB(A). Hasil WECPNL tertinggi berada pada titik 10 dengan nilai sebesar 71,45 dB(A). kebisingan tertinggi ditimbulkan oleh pesawat Boeing 737-500 berkisar antara 66 dB(A) – 85 dB(A) . Dari hasil Peta kontur tingkat kebisingan menunjukkan terdapat 3 kawasan kebisingan dan titik 10 yang memiliki nilai sebesar 71,45 dB(A) masuk dalam kawasan tingkat I.

Copyrights © 2018