Model pembelajaran mata ajar keperawatan komunitas semester 6 mahasiswa keperawatan Stikes Cendekia Utama Kudus menggunakan model pembelajaran konvensional, proses pembelajaran berpusat pada pengajar mengakibatkan proses pembelajaran tidak menyenangkan, membosankan dan kurang memotivasi mahasiswa untuk belajar. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang melibatkan mahasiswa dalam proses belajar dengan tehnik berkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama. Penerapann metode Jigsaw mahasiswa berperan aktif, berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Penerapan metode jigsaw dapat menjadi masukan dalam pengembangan kurikulum pembelajaran keperawatan komunitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatiftipe jigsaw pada mata ajar keperawatan komunitas untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian menggunakan metode quasy eksperimental design dimana peneliti memberikan perlakuan pada kelompok intervensi dan terdapat kelompok pembanding (comparison). Desain penelitian mengujicobakan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada kelompok intervensi dan model pembelajaran konvensional  pada kelompok kontrol. Analisa bivariate  menggunakan Uji Mann Withney-U maka didapatkan hasil Z Score sebesar 2.025 dengan Asymp Sig.2 tailed sebesar 0.000 <0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa ada perbedaan kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Kesimpulan pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar pada mata ajar keperawatan komunitas bagi mahasiswa semester 6 Stikes Cendekia Utama Kudus. Kata kunci : Metode Jigsaw, Mata Ajar Keperawatan Komunitas, Hasil Belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018