JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 6 No 2 (2018): Vol. 6. No.2 Oktober 2018

VALIDITAS PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KIMIA SMA BERBASIS INKUIRI MELALUI KOLABORASI KEGIATAN LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN SISWA PADA RANAH PSIKOMOTORIK

Siregar, Rabiyatul Adawiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum mengoptimalkan peran aktif siswa dalam pembelajaran kimia dan siswa masih kesulitan memahami materi kimia. Hal itu menjadi masalah bagi siswa dan diasumsikan menjadi penyebab tidak tercapainya kompetensi siswa pada ranah psikomotorik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran kimia berbasis inkuiri melalui kolaborasi laboratorium yang valid untuk meningkatan capaian pembelajaran kimia siswa pada ranah psikomotorik, Desain penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yaitu: 1) menganalisis (analysis) meliputi: Kurikulum, karakteristik peserta didik SMA dan proses pembelajaran kimia; 2) mendesain (design) model pembelajaran dan menguji validitas dengan pakar ahli. Penelitian ini hanya sampai tahap design. Hasil penelitian menunjukkan validitas model pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari sintak, prinsip reaksi, sistem sosial, sistem pendukung (buku model, buku guru dan buku siswa) kategori sangat valid serta dampak instruksional dan pengiring kategori valid  menurut ahli layak digunakan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...