NUANSA
Vol 7 No 1 (2018): Edisi Maret - Agustus 2018

Pengembangan Bahan Ajar melalui Pendekatan Diverse Learners

Syatriadin, Syatriadin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2018

Abstract

Guna menghasilkan tamatan yang mempunyai kemampuan sesuai standard kompetensi lulusan, diperlukan pengembangan pembelajaran setiap kompetensi secara sistematis, terpadu, dan tuntas (mastery learning). Pada pendidikan menengah umum, di samping buku-buku teks, juga dikenalkan adanya lembar-lembar pembelajaran (instructional sheet) dengan nama yang bermacam-macam, diantaranya: lembar tugas (job sheet), lembar kerja (work sheet), lembar informasi (information sheet) dan bahan ajar lainnya berupa cetak maupun non-cetak. Bahan ajar atau materi pembelajaran secara garis besar terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Secara terperinci, jenis-jenis materi pembelajaran terdiri dari pengetahuan (fakta, konsep, prinsip, prosedur), keterampilan, dan sikap atau nilai. Diverse learners (keragaman), menemukan beberapa konsep diantaranya menurut Dimitrova (2003:34) menjelaskan keragaman terdiri dari : (a) etnis, gender, agama, disability. (b) bahasa, kebudayaan, komunikasi. (c) pengetahuan dasar, gaya belajar, pendekatan belajar individual. (d) motivasi dan ekspetasi personal. (e) konteks sosial pendidikan dan gaya hidup seseorang

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nuansa

Publisher

Subject

Education

Description

Nuansa: Jurnal ilmiah pendidikan berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan, inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis ...