Guna menghasilkan tamatan yang mempunyai kemampuan sesuai standard kompetensi lulusan, diperlukan pengembangan pembelajaran setiap kompetensi secara sistematis, terpadu, dan tuntas (mastery learning). Pada pendidikan menengah umum, di samping buku-buku teks, juga dikenalkan adanya lembar-lembar pembelajaran (instructional sheet) dengan nama yang bermacam-macam, diantaranya: lembar tugas (job sheet), lembar kerja (work sheet), lembar informasi (information sheet) dan bahan ajar lainnya berupa cetak maupun non-cetak. Bahan ajar atau materi pembelajaran secara garis besar terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Secara terperinci, jenis-jenis materi pembelajaran terdiri dari pengetahuan (fakta, konsep, prinsip, prosedur), keterampilan, dan sikap atau nilai. Diverse learners (keragaman), menemukan beberapa konsep diantaranya menurut Dimitrova (2003:34) menjelaskan keragaman terdiri dari : (a) etnis, gender, agama, disability. (b) bahasa, kebudayaan, komunikasi. (c) pengetahuan dasar, gaya belajar, pendekatan belajar individual. (d) motivasi dan ekspetasi personal. (e) konteks sosial pendidikan dan gaya hidup seseorang
Copyrights © 2018